Khasiat Kembang Pukul Empat

Posted by Tanaman Obat Keluarga 3 comments
Manfaat dan Khasiat Kembang Pukul Empat. Bunga ashar dikenal juga sebagai kembang pukul empat atau Four o’clock plant yang dalam bahasa latin disebut Mirabilis jalapa L. Meskipun bunga ashar atau kembang pukul empat bukan bunga asli Indonesia melainkan berasal dari Meksiko, namun bunga ashar ditetapkan sebagai flora identitas provinsi Lampung. Dinamakan bunga ashar atau asar dan kembang pukul empat lantaran kebiasaan bunga ini yang mekar pada sore hari sekitar pukul empat sehingga pada jaman dulu masyarakat Lampung menggunakannya sebagai pertanda masuknya waktu sholat Ashar. Karena itu bunga ashar atau kembang pukul empat sering ditanam di pekarang atau di depan surau.Khasiat Kenanga dan Khasiat Kembang Pukul Empat bisa anda baca di blog Tanaman Obat Keluarga Sehat ini.

Kembang Pukul Empat
Nama ilmiah Kembang Pukul Empat: Mirabilis jalapa L

Nama daerah Kembang Pukul Empat:
Nama-nama daerah tanaman Kenanga tersebut antara lain kembang pukul empat (Jawa Tengah), kederat (Bali), bunga-bunga parengki (Roti), bunga ledonosok (Timor).

Kandungan Kimia dan Efek farmakologis Kembang Pukul Empat :
Tumbuhan kembang pukul empat mempunyai rasa manis, tidak berbau, sejuk, dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada buah kembang pukul empat di antaranya zat tepung-lemak (4,3%), zat asam lemak (24,4%), dan zat asam minyak (46,9%). Selain itu, pada bagian akar terkandung xanthins.
Efek farmakologis yang dimiliki oleh kembang pukul empat di antaranya antiradang, meluruhkan air seni, memperlancar sirkulasi, dan menghilangkan hambatan aliran darah.

Khasiat dan Manfaat Kembang Pukul Empat
1. Bisul
Cuci bersih 10 lembar daun kembang pukul empat, lumatkan, lalu tambahkan air garam secukupnya. Tempelkan hasil lumatan pada bisul dan daerah sekelilingnya, lalu balut dengan kain atau perban.

2. Infeksi saluran kencing/prostatitis, radang amandel, kencing manis (diabetes melitus), kencing berlemak, keputihan (leucorrhea), erosi mulut rahim (cervical erosion), dan radang sendi akut (acute arthritis)
Rebus 9—15 g kering atau 15—30 g segar akar kembang pukul empat dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring air rebusan dan minum dua kali sehari masing-masing 1 gelas.


Itulah Manfaat dan Khasiat Kembang Pukul Empat  Jika ada saran dan kritik jangan ragu untuk menyampaikan. Jika ada khasiat lain yang belum tertera silakan tinggalkan komentar dalam bentuk komentar di bawah ini semoga bermanfaat bagi kita semua. 
 

3 comments:

Ramdan Denmas said...

Saya mendapatkan "UMBI" pada tanaman Pukul 4 ini, dengan ukuran yg relatif besar. kalau boleh tau, apakah khasiatnya ya....
terimakasih.

Tanaman Obat Keluarga said...

Tanaman ini termasuk jenis tanaman yang memiliki akar tunggang. Biasanya akar dari tanaman ini berwarna putih dan memiliki rasa manis. Selain itu setelah tanaman ini sudah berumur cukup lama pada akar tanaman ini akar menghasilkan sejenis umbi. Umbi itu memiliki warna kulit coklat kehitaman dan berbentuk bulat memanjang. Pada umumnya umbi yang dihasilkan memiliki ukuran panjang 7 cm – 9 cm dan diameter 2 cm – 5 cm. Isi dari umbi tanaman ini berwarna putih. Akar tanaman ini juga memiliki kandungan zat betaxanthins, dan trigonellin. Adapun manfaat dari akar tanaman ini untuk mengobati berbagai penyakit antara lain: ( radang amandel ( Tonsilitis ), radang kelenjar prostat, radang sendi akut, infeksi saluran kencing, keputihan ( Leucorrhea ), erosi leher rahim ( Serviks ), kencing manis ( Diadetes Mellitus ), dan urin mengandung lemak ( Chyluria ).

Ruliana Sarosa said...

Apakah bunga pkl 4 ini memang bunga kenanga? Selain akar dari bunga ini utk mengobati penyakit erosi serviks apa ya? bagaimana cara pengolahan & konsumsinya? Mohon dibantu. Terimakasih.

Post a Comment