Cara Menyembuhkan Rematik dan Nyeri pada Persendihan Secara Alami

Posted by Tanaman Obat Keluarga 0 comments
Cara Menyembuhkan Rematik dan Nyeri pada Persendihan Secara Alami. Penyakit rematik atau yang dalam bahasa medisnya disebut rheumatoid arthritis (RA) adalah peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh gangguan autoimun. Gangguan autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap penyusup seperti virus, bakteri, dan jamur, keliru menyerang sel dan jaringan tubuh sendiri. Selain rematik, ada banyak gangguan autoimun lain, misalnya penyakit lupus, multiple sclerosis dan diabetes tipe 1. Pada penyakit rematik, sistem imun gagal membedakan jaringan sendiri dengan benda asing, sehingga menyerang jaringan tubuh sendiri, khususnya jaringan sinovium yaitu selaput tipis yang melapisi sendi. Hasilnya dapat menyebabkan sendi bengkak, rusak, nyeri, meradang, kehilangan fungsi dan bahkan cacat., temukan Cara Menurunkan Panas Badan Secara Alami dan Cara Menyembuhkan Rematik dan Nyeri pada Persendihan Secara Alami hanya di blog Aneka Penyakit dan Pengobataannya Secara Alami.

Cara Menyembuhkan Rematik dan Nyeri pada Persendihan Secara Alami
1. Beluntas --> baca khasiat beluntas lainnya
Rebus 15 g akar beluntas dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring, lalu minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

2. Blimbing Wuluh --> baca khasiat blimbing wuluh lainnya
  • 100 gr daun muda belimbing wuluh, 10 biji cengkeh dan 15 biji merica dicuci lalu digiling halus, tambahkan cuka secukupnya sampai menjadi adonan seperti bubur. Oleskan adonan bubur tadi ketempat yang sakit.
  • 5 buah belimbing wuluh, 8 lembar daun kantil (Michelia champaca L.), 15 biji cengkeh, 15 butir lada hitam, dicuci lalu ditumbuk halus, diremas dengan 2 sendok makan air jeruk nipis dan 1 sendok makan minyak kayu putih. Dipakai untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit. Lakukan 2-3 kali sehari.
3. Pepaya --> baca khasiat pepaya lainnya
a. Bahan: buah pepaya, 2 butir telur ayam kampung;
  • Cara membuat: buah pepaya dipotong penampangnya kemudian telur dimasukkan dalam pepaya melalui lubang yang telah dibuat dengan memotong penampang tadi, ditutup kembali rapat-rapat dan dibakar hingga telur yang ada di dalamnya masak
  • Cara menggunakan: telur yang sudah masak tersebut dimakan pagi dan sore
b. Bahan: 2 potong akar pepaya, 1 lembar daun pepaya;
  • Cara membuat : kedua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih dan disaring.
  • Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari 1 gelas pada sore hari. 
4. Bunga Matahari --> baca khasiat Bunga Matahari lainnya
Rebus kepala bunga matahari atau bagian tengah bunga matahari secukupnya bersama 15 g jahe sampai mendidih dan mengental. Tempelkan ramuan ke bagian yang sakit.

5. Jahe --> baca khasiat Jahe lainnya 
Ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, bakar, kemudian cuci bersih, dan parut. Tempelkan parutan jahe bakar dibagian tubuh yang diserang rematik.
Resep 2 : Temulawak dan cabe jawa (masing2 20 g), daun komfrey dan jahe merah (masing2 25 g) + kumis kucing 30g.  Cuci semua bahan, iris tipis rimpang jahe dan temulawak.  Rebus dlm 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas.  Minum masing2 segelas tiap pagi dan sore, tambahkan madu dan jeruk nipis untuk mengurangi rasa “jamu”

6. Kemuning-> baca khasiat Kemuning lainnya
Cuci bersih 15—30 g akar kemuning kering, 10 g jahe merah (Zingiber officinale Rose.), dan 15 g temulawak (Curcuma xanthorrhiza). Rebus semua bahan dalam 400 ml air sampai tersisa 200 ml. Setelah dingin, saring air rebusannya, lain minum dua kali sehari masing-masing 100 ml.

7. Larasetu -> Baca juga Manfaat Larasetu lainnya
Tumbuk 5 g akar larasetu segar, lalu oleskan pada bagian yang sakit sebagai obat gosok.

8. Lengkuas/Laos -> Baca juga Manfaat Lengkuas lainnya
Cara 1:
  • Bahan: 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari dan 1 butir telur ayam kampung,
  • Cara membuat: lengkuas diparut dan diperas untuk diambil airnya, telur ayam kampung mentah dipecah untuk diambil kuningnya, kemudian kedua bahan tersebut dioplos sampai merata.
  • Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.
Cara2:
  • Bahan: 3 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 0,5 sendok teh bubuk merica, 1 potong gula merah, dan 2 gelas air santan kelapa,
  • Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama-sama hingga airnya tinggal 1 gelas.
  • Cara menggunakan: diminum sedikit demi sedikit selama 1 minggu.
Cara 3:
  • Pengobatan: Mandi air rebusan,
  • Cara membuat: Cuci bersih rimpang lengkuas lalu rebus.
  • Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk mandi
9. Mahkota Dewa-> Baca juga Manfaat Mahkota dewa lainnya
Pengobatan: Minum air rebusan. Cara membuat:
  • Campur 5 gram daging buah mahkota dewa kering dengan 15 gr temu putih, 10 gr sambiloto kering dan 15 gr cakar ayam kering, cuci bersih semua bahan
  • Rebus semua bahan dalam 5 gelas air, biarkan rebusan hingga air tersisa 3 gelas
  • Saring air rebusan, tunggu sampai dingin dan minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas. Ramuan diminum 1 jam sebelum makan
a. Daun pandan segar sebanyak 3 lembar dicuci bersih lalu diiris tipis-tipis. Seduh dengan 1/2 cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan sambil diaduk merata. Setelah dingin siap digunakan untuk menggosok bagian tubuh yang sakit.

b. Daun pandan segar sebanyak 5 lembar dan daun serai 20 lembar, dicuci Ialu ditumbuk sampai halus. Tambahkan minyak kayu putih dan minyak gandapura masing-masing 1 sendok makan. Aduk sambil diramas sampai merata. Ramuan ini digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.
        Itulah Beberapa Cara Menyembuhkan Rematik dan Nyeri pada Persendihan Secara Alami Jika ada saran dan kritik jangan ragu untuk menyampaikan. Jika ada cara pengobatan lain yang belum tertera silakan tinggalkan komentar dalam bentuk komentar di bawah ini semoga bermanfaat bagi kita semua. 
         

        0 comments:

        Post a Comment